Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN NEGERI MENGGALA

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI MENGGALA

Jl. Cemara Komplek Perkantoran Pemda Tulang Bawang, Tulang Bawang Telp. 0726 - 21670 | Fax. 0726 - 21423

Email : pn.menggala.tuba[at]gmail.com

Sistem Informasi Pengawasan MA-RIeCourt Mahkamah Agung RI | Electronics Justice SystemSIJUHANSistem Informasi Penelusuran PerkaraAlobakum


Logo Artikel

324 PEMBINAAN TEKNIS ADMINISTRASI YUDISIAL SECARA VIRTUAL OLEH KETUA MAHKAMAH AGUNG RI

PEMBINAAN TEKNIS & ADMINISTRASI YUDISIAL SECARA VIRTUAL OLEH KETUA MAHKAMAH AGUNG RI

Bimtek Hakim 2

Ketua Mahkamah Agung mengingatkan kembali untuk seluruh hakim untuk memegang prinsip imparsial ketika menjalankan persidangan secara konvensional ataupun virtual/elektronik. Hakim tidak boleh menunjukan keberpihakan kepada salah satu pihak. Ketua Mahkamah Agung pada kesempatan tersebut menjelaskan SEMA no 3 tahun 2021 tentang Larangan Pungutan Terkait Pengambilan Sumpah atau janji Advokat. Ada 3 hal penting yang harus di cermati dengan baik oleh Para Ketua Pengadilan Tinggi, yaitu :

1. Pelaksanaan kegiatan pengambilan sumpah atau janji advokat harus dilaksanakan secara transparan dan akuntable sebagai upaya untuk mewujudkan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM;

2. Pengadilan Tinggi dilarang untuk memungut atau menerima biaya pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji advokat, kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang - undangan Maksud dari biaya yang dikecualikan oleh SEMA tersebut adalah biaya honorium juru sumpah dan PNBP.Selain itu , pengadilan tidak boleh membebankan biaya kepada para advokat yang disumpah;

3. Pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji advokat dilaksanakan di kantor Pengadilan Tinggi di wilayah domisili hukumnya.

Bapak Syarifuddin memberikan nasihat kepada seluruh hakim dan pegawai peradilan untuk bijak dalam bersosial media. Sosial media dapat menjadi wadah membagikan kegiatan positif bukan untuk menjadi wadah berkeluh kesah, dikarenakan dengan membagikan hal tersebut dapat menurunkan harkat martabat hakim dan pegawai pengadilan. “Ucapan seorang hakim menjadi hukum bagi para pihak yang berperkara. Sedangkan yang diucapkan di ruang publik akan menjadi hokum bagi dirinya sendiri. Oleh sebab itu, berhati-hatilah untuk mengekspresikan setiap ucapan dan tindakan di ruang-ruang publik  karena apa yang kita ucapkan dana pa yang kita yang lakukan akan menggambarakan pribadi kita yang sesungguhnya” tutur Ketua Mahkamah Agung.

Dengan motto "PASTI" Profesional, Akuntabel, Simple, Transparan, Imparsial Pengadilan Negeri Menggala selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan kepuasan para pencari keadilan dalam rangka mewujudkan badan peradilan yang agung.

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas

Dengan motto "PASTI" Profesional, Akuntabel, Simple, Transparan, Imparsial Pengadilan Negeri Menggala selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan kepuasan para pencari keadilan dalam rangka mewujudkan badan peradilan yang agung.